1. Sejarah Berdirinya Sekolah

Yayasan Ikatan Keluarga Muslim (IKM) Al-Muhajirin pada awalnya adalah suatu organisasi yang bergerak pada ruang lingkup sosial di masyarakat. Berangkat dari adanya kenyataan yang begitu yangat memprihatinkan bagi masyarakat yang tidak mampu juga masyarakat pendatang khususnya di kota Palangkaraya yang dimana pada saat itu adanya beberapa organisasi yang mengatas namakan masyarakat belum mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara adil dan merata, salah satu di antaranya adalah Organisasi Rukun Kematian (RKM) yang seharusnya menagani dalam masalah kematian secara menyeluruh tanpa membebani anggota masyarakat dengan mengadakan aturan-aturan terhadap masyarakat yang tidak mampu serta membeda-bedakan penanganan antara angota masyarakat yang mampu dengan masyarakat yang terlantar sehingga meninggalkan masalah-masalah dikalangan sosial di tengah masyarakat yang kian hari semakin berkembang dan kompleks.

Pada tanggal 1 Januari 1998 terbentuk dan berdirilah Organisasi yang kemudian di beri nama “Ikatan Keluarga Muslim (IKM) Al-Muhajirin”dengan tujuan awal untuk menangani dan mengurusi perihal kematian secara adil dan menyeluruh tanpa mempersoalkan status sosial ataupun membeda-bedakan dalam merealisasikannya. Dalam perkembangannya Organisasi ini pun berkembang dan beralih menjadi sebuah Yayasan yang tidak hanya bergerak di dalam bidang penanganan masalah sosial masyarakat, namun juga peduli terhadap perkembangan dan kebutuhan masyarakat di dalam bidang pendidikan dan juga di dalam bidang perekonomian demi kesejahteraan masyarakat sosial.

Kemudian seiring perkembangannya berdirilah SD Islam Terpadu Alam Al-Muhajrin pada tanggal 1 Juli tahun 2012 yang merupakan salah satu perkembangan yang dilakukan oleh Yayasan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan guna untuk mencetak generasi yang beakhlaq mulia serta beriman untuk dapat membela agama, bangsa, dan negara. 

2. SDIT Alam IKM Al Muhajirin

SD Islam Terpadu Alam Al-Muhajirin adalah sekolah swasta yang telah berdiri pada tahun 2012. Sekolah ini dikemas dengan tujuan untuk menjadi sekolah yang mampu mencetak manusia pembelajar, berkarakter dan berbudi pekerti Islami. 

Sekolah ini juga berupaya guna dapat meluluskan anak didik yang berkarakter positif secara emosional, intelektual, dan spiritual. Beberapa layanan pendidikan yang diberikan secara prima keseluruh warga sekolah. Menciptakan lingkungan belajar yang baik dan berkualitas. sehingga siswa merasa belajar adalah kebutuhan dan kesenangan sehingga dengan ini mampu untuk meningkatkan efektifitas proses belajar.

Adapun beberapa Misi yang dimiliki SDIT Alam Al-Muhajirin ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan ini ialah mampu menjadikan akhlaq dan etika moral sebagai fondasi utama yang ditekankan di dalam proses pembelajaran. Membangun tata kelola sekolah yang berkualitas dan terstandar. Dalam merekrut para guru atau pendidik yang mencintai anak didik juga merupakan perkara yang begitu penting dan perlu kiranya untuk diperhatikan, agar para pendidik ataupun gru yang diberikan amanah untuk mengajar senantiasa untuk terus belajar dan mencintai profesinya sebagai pendidik yang dalam melakukan proses belajar dan mengajar berbasis hasil riset.

3. Wilayah Lokasi Sekolah

Wilayah sekolah Sekolah SD Islam Terpadu Alam IKM Al-Muhajirin bwerada di Jl. Mahir Mahar Cilik Riwut Km 08, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah. 

Wilayah atau lokasi yayasan Ikatan Keluarga Muslim (IKM) Al-Muhajirin berada di Lingkar Luar km 09, Jl. Alam Lestari Kota Palangkaraya dan jika dilihat melalui topografi ketinggian lokasi berada pada ketinggian 19 m dari permukaan air laut dengan keadaan curah hujan rata-rata 130 mm/thn, serta suhu rata-rata pertahun mencapai 30⸰ C.

Wilayah atau lokasi secara administratif dibatasi oleh wilayah atau lokasi anggota masyarakat sekitar. Di sebelah utara berbatasan dengan lahan Mendi, sebelah selatan berbatasan dengan Yayasan Patriot Bangsa, di sisi barat berbatsan dengan Jalan Alam Lestari, sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Yayasn Tandipah. Jarak pusat Yayasan IKM Al-Muhajirin dari pusat pemerintah kecamatan sejauh 3 Km, dengan Pemerintah Kota sejauh 6 Km dan dengan Ibukota Provinsi sejauh 9 Km. Luas wilayah dan lokasi yayasan IKM Al-Muhajirin adalah 27 Ha. Luas lahan yang ada terbagi menjadi beberapa bagian dan di kelompokan untuk fasilitas sarana ibadah, sarana pendidikan, Pondok Pesantren, perumahan pengurus, perkantoran sarana olah raga, asrama, gedung aula, dan pemukiman warga masyarakat, dan lain sebagainya. Secara garis besarnya luas lahan yang ada di bagi menjadi dua, yaitu sebagai lokasi Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren serta lokasi tanah untuk pemukiman anggota masyarakat (umum) dan pada wilayah atau lokasi tersebut terdiri dari dua (II) Blok bagian dan Tujuh Belas (17) Nomor Kode.