VISI

“MENJADIKAN SEKOLAH UNGGUL YANG MENGHASILKAN MANUSIA PEMBELAJAR BERKARAKTER ISLAMI”

MISI

  1. Bersinergi meningkatkan kualitas proses pendidikan
  2. Menjadikan belajar sebagai kebutuhan
  3. Membangun tata kelola sekolah yang berstandar pendidikan
  4. Mengutamakan akhlaq Islami dan etika moral

TUJUAN

  1. Meluluskan anak didik yang berkarakter positif secara emosional, intelektual, dan spiritual.
  2. Memberikan layanan pendidikan yang prima keseluruh warga sekolah.
  3. Menciptakan lingkungan belajar yang baik dan berkualitas. sehingga siswa merasa belajar adalah kebutuhan dan kesenangan.
  4. Meningkatkan efektifitas proses belajar.

KONSEP PENDIDIKAN

Konsep pendidikan yang dikembangkan di SDIT Alam IKM Al Muhajirin sebagai berikut:

  • Memberi manfaat kebaikan bagi masyarakat ekonomi lemah khususnya dan umat Islam pada umumnya yang mendambakan pendidikan bermutu. 
  • Menjadi sekolah yang mencintai dan dicintai anak didiknya.
  • Menjadi sekolah yang mengajak para orang tua berubah menjadi lebih baik sebagai teladan bagi anak-anaknya.
  • Menjadi sekolah yang membantu setiap anak untuk menemukan panggilan hidupnya dan misi mereka masing-masing.
  • Menjadi sekolah yang mengajak anak untuk merenungkan maksud Allah SWT mengapa mereka mereka terlahir di dunia ini.
  • Menjadi sekolah yang membuat anak merasa belajar adalah kebutuhan bukan sebagai kewajiban atau beban.
  • Menjadi sekolah yang menjadikan akhlaq dan etika moral sebagai fondasi utamanya.
  • Menjadi sekolah yang akan mengembalikan dan membangun kembali tatakrama luhur bangsa pada setiap anak dan orangtuanya.
  • Menjadi sekolah yang hanya merekrut guru yang mencintai anak dan mencintai profesinya sebagai guru pendidik dan bukan hanya sebagai guru pengajar.
  • Menjadi sekolah yang didirikan dengan hati dan cita-cita luhur dari para pendirinya.
  • Menjadi sekolah yang membebaskan anak-anak menyusun sendiri hal-hal apa saja yang menjadi minat terbesar mereka untuk dipelajari.
  • Menjadi sekolah yang akan membangun memori indah pada setiap anak bahwa belajar adalah sebuah proses yang membahagiakan dan setiap guru mereka adalah guru favorit yang mencintai dan dicintai.
  • Menjadi sekolah yang dulu pernah dilakukan Rasulullah ketika mendidik generasi terbaik para sahabat yang tafaqquh fiddiin dan memberi kemanfaatan terhadap umat.
  • Menjadi sekolah yang mengajak keluarga dan lingkungan untuk bekerjasama menjadikan agama sebagai sentra kehidupan.
  • Menjadi sekolah yang selalu memohon kepada Allah SWT untuk senantiasa membimbing dan memberi jalan petunjuk dan kemudahan bagi perkembangan pendidikan generasi umat

DISTINGSI SEKOLAH

  1. Insya Allah target pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an 1 juz plus arti
  2. Pembelajaran berbasis minat dan bakat peserta didik.
  3. Pembiasaan akhlak berbasis nilai-nilai Qur’ani dan keteladanan Rasulullah SAW.
  4. Sekolah ramah keluarga.
  5. Sekolah tanpa kantin sekolah dan uang saku.
  6. Menerapkan kurikulum nasional yang berlaku dengan penambahan muatan sesuai visi misi sekolah dan kebutuhan masa depan peserta didik.
  7. Menerapkan teori pendidikan dan pendekatan pembelajaran klasik dan terkini diantaranya; Ta’limMuta’allim, SoroganMultiple Intelligences, Quantum Teaching, Quantum Learning, Active Learning, Blanded Learning, Disiplin Positif, Pembelajaran Tematik, Penilaian Autentik, Pendekatan Saintifik, Problem Based Learning, Project Based Learning, Service Learning, Enviromental Learning danSpiritual Camp.
  8. Keterampilan IT (Information Technology) diajarkan dengan pendekatan berbasis proyek.
  9. Keterampilan bahasa diajarkan melalui pembiasaan.
  10. Menerakan prinsip “service excellence” dalam pengelolaan sekolah.